Skip to content

March 1, 2012

3

Berburu Info Hotel/Hostel Murah di Singapore untuk Menginap Keluarga

Jika tidak ada aral, di bulan Mei 2012 mendatang, saya akan mengadakan traveling ke Singapore dalam rangka liburan bersama keluarga. Nah, demi mendapatkan biaya akomodasi yang hemat, saya sudah mulai berburu info hotel murah di Singapore. Kenapa harus dicari dulu jauh hari ?. Tentu saja karena harga per kamarnya lumayan mahal dibanding harga kamar di Indonesia, kecuali jika Anda punya uang berlimpah, soal hotel tentu tak jadi soal !.

Sebagai catatan bahwa sebenarnya jika keberangkatan nanti tidak bersama keluarga maka pilihan menginap dengan harga murah mudah dicari. Banyak kategori hotel murah (sering dinamakan hostel) yang bertebaran di sudut Singapore. Umumnya hostel ini berkonsep dorm, maksudnya 1 (satu) ruangan kamar berisi sejumlah bed (tempat tidur) dan di situ semua tamu dapat jatah 1 (satu) bed. Contoh dorm mixed 14 bed, artinya Anda akan menginap bersama maksimum 14 orang dalam 1 (satu) kamar dan bercampur baur antara laki-laki dan perempuan. Bagi Anda kaum wanita, jika ingin terpisah dari laki-laki bisa memesan female dorm, ini adalah kamar khusus yang diperuntukkan bagi wanita saja namun tetap beramai-ramai dalam satu kamar.

Jika Anda hendak bepergian bersama keluarga, apalagi ada anak kecil, tentu tidak disarankan untuk menginap di hostel yang isinya bercampur baur seperti tadi. Dan rata-rata pemilik hostel memang sudah mensyaratkan minimum usia tamu yang boleh menginap (anak kecil biasanya tak diijinkan menginap). Alternatifnya, jika ingin anggaran hotel Anda dapat ditekan dengan tetap membawa anak-anak, carilah hostel yang memiliki private room atau kamar khusus. Biasanya satu kamar bisa dibooking untuk 2 (dua) atau 3 (tiga) orang sekaligus. Tarifnya biasanya ditentukan per room dan bukan per bed seperti di mixed dorm.

Berikut hasil penelusuran yang saya dikumpulkan dari searching di internet maupun komunikasi langsung via email ke pemilik hostel di Singapore.

1.      Wink Hostel

Boleh dibilang hostel ini merupakan hostel prioritas ketika nanti saya dan keluarga jadi ke Singapore. Mengapa ?. Pertama bahwa hostel ini baru beroperasi sejak 2011 silam, yang artinya kondisi gedung beserta peralatannya tentu masih baru sehingga kita akan lebih fresh dan nyaman menginap di sana. Uniknya, kamar hotel didesain dengan model kapsul (pod) seperti hotel-hotel di Jepang, sehingga istilah bed pun diubah menjadi pod.

Info terakhir yang saya dapatkan, untuk tamu 2 (dua) orang dapat memesan 1 (satu) kamar double pod seharga SGD 90.00 per kamar per malam. Artinya kalau berdua, masing-masing orang hanya bayar SGD 45.00 per malam. Secara umum memang masih lebih mahal dibanding hostel-hostel lain, namun ini sebanding dengan pelayanan hotel berbintang. Jika Anda bawa anak kecil (usia minimum 5 tahun), Anda dapat memesan 3 single pod atau 1 double pod + 1 single pod. Harga 1 single pod SGD 50.00 dan 1 double pod SGD 90.00.

Kedua, faktor lokasi menjadikan hostel ini unggul disbanding yang lain. Posisinya berada tidak jauh dari stasiun MRT NE4 Chinatown, tepatnya di Mosque Street, Singapore. Hanya butuh sekitar 3 (tiga) menit dari hostel menuju stasiun MRT NE4 Chinatown dengan berjalan kaki. Sangat strategis bukan !. Anda bisa mengetahui lebih lanjut profil hostel ini http://www.winkhostel.com

2.      Zenobia Hotel

Kalau Anda kehabisan kamar di Wink Hostel, Anda bisa mencoba booking ke Zenobia Hotel yang berlokasi di kawasan Little India. Jenis kamarnya ada single bed room, double bed room, dan triple bed room. Artinya jika Anda bersama keluarga ingin menginap bertiga dalam 1 (satu) kamar maka Anda dapat memesan triple bed room dengan tarif per malam SGD 109.00 per room. Kalau Anda hanya berdua, Anda cukup memesan double bed room dengan tariff SGD 79.00 per room per night. Belum jelas memang apakah untuk kamar double bed room bisa ditampung anak kecil atau harus pesan triple. Anda bisa menanyakan lebih lanjut di http://zenobia.com.sg.

3.      One Florence Close Hotel

Letaknya berdekatan dengan stasiun MRT NE13 Kovan. Saya lihat di peta Singaore agak jauh dari pusat kota. Namun tempat ini bisa dijadikan alternative menginap jika di tempat lain yang sudah saya sebutkan di atas penuh. Tarif hotel bervariatif, tergantung pada berapa jumlah orang yang akan menginap dalam 1 (satu) kamar. Tarif termurah SGD 88.00 per kamar untuk single, dan tertinggi SGD 132.00 per kamar untuk triple. Silakan cek info lengkapnya di http:// www.oneflorenceclose.com.

4.      Drop Inn Hostel

Untuk tarif per kamar kategori double room dipatok SGD 69.00 per malam atau per orangnya terkena SGD 34.50. Artinya 1 (satu) kamar tersebut mau diisi 1 (satu) orang atau 2 (dua) orang, tarifnya tetap SGD 69.00. Bagaimana dengan anak-anak ?. Saya pernah berkomunikasi via email mengenai masalah ini dan katanya mereka dapat menerima anak kecil (harus bersama keluarganya) dengan biaya tambahan SGD 22.00 per anak tanpa ada bed tambahan. Artinya, double room yang SGD 69.00 jika ada anak kecil akan dikenakan charge tambahan SGD 22.00 sehingga total harga per kamarnya menjadi SGD (69.00 + 22.00) = SGD 91.00. Oya, lokasi hotelnya di Lavender Street atau berdekatan dengan stasiun MRT NE9 Boon Keng.

5.      5Footway.inn

Lokasinya cukup strategis yaitu di kawasan Chinatown, tepatnya di Pagoda Street, Singapore. Mereka dapat menerima anak-anak namun dibatasi usia minimum 7 (tujuh) tahun. Tarif terendah untuk kamar standard twin room sebesar SGD 44.00 per orang atau SGD 88.00 per kamar. Keterangan lebih jelas ada di http://www.5footwayinn.com.

6.      Cozy Corner Guesthouse

Menawarkan tarif murah, mulai dari SGD 55.00 untuk double room. Jika Anda bepergian ber-empat, Anda bisa booking kamar khusus 4 bed dormitory room seharga SGD 20.00 per bed atau SGD 80.00 per kamar. Lokasinya ada di North Bridge Road, Singapore.

7.      Alis Nest

Tarif per orang untuk kamar double room dengan AC sebesar SGD 35.00 atau jika dihitung per kamar menjadi SGD 70.00. Lokasi hostel ini ada di kawasan Little India, tepatnya di Roberts Lane 23, Singapore.

8.      Hostel One66

Tariff per malam untuk kategori twin/double cukup murah yaitu SGD 55.00 per room per night. Sayangnya lokasinya jauh dari mana-mana sehingga kurang menarik. Hostel ini mensyaratkan minimum usia tamu 3 (tiga) tahun. Info lengkapnya dapat dilihat di http://hostelone66.com.

9.      G4 Station

Sesuai info yang tercantum di http://www.g4station.com/rate-facilities/, khusus untuk private double room dikenakan biaya SGD 80.00 per kamar per malam. Artinya kalau Anda bepergian berdua, masing-masing cukup mengeluarkan biaya SGD 40.00. Lokasinya berada di 11 Mackenzie Road, Singapore 228675 (berseberangan dengan Rex Cinema). Dari stasiun MRT NE7 Little India hanya diperlukan waktu sekitar 3 (tiga) menit berjalan kaki ke lokasi hostel.

10.     Rucksack Inn

Untuk private double room tersedia dengan harga SGD 79.00. Kalau Anda datang bertiga, Anda dapat membooking kamar triple room dengan harga SGD 99.00. Dan jika butuh 1 (satu) kamar untuk 4 (empat) orang, Anda dapat memesan kamar quad room dengan harga SGD 128.00. Hostel ini memiliki 3 (tiga) lokasi dimana 2 (dua) diantaranya saling berdekatan di Hong Kong Street, dekat dengan stasiun MRT NE5 Clarke Quay. Satunya lagi berada di daerah Lavender.

11.     Sleepy Sam’s

Anda yang datang berdua dapat memesan 1 (satu) private double room seharga SGD 89.00, atau jika datang bertiga dapat dicoba 3-bed dorm room dengan harga SGD 99.00. Lokasinya sekitar 5 menit berjalan kaki dari stasiun MRT EW12 Bugis.

Read more from Travelling
3 Responses Leave a Reply
  1. RedZz
    Mar 10 2012

    Halo,
    mau sedikit sharing, untuk Ali’s nest harganya adalah 35SGD per malam, per room. bukan per orang.

    (sumber: pengalaman pribadi)

  2. Hari H
    Mar 27 2012

    Info yang sangat berguna buat keluarga atau mereka yang budget oriented. Mohon agar ditambahkan website berikut :
    http://dropinnhostel.com/v2/main.html untuk dropinn;
    http://www.cozycornerguest.com/ untuk Cozy Corner Gesthouse;
    http://www.alisnest.com/
    http://www.rucksackinn.com/
    http://www.sleepysams.com

    Selain itu ada baiknya link review pihak ke-3 seperti tripadvisor.com dapat ditambahkan, spy lebih objective ketika memutuskan.

    Buat mereka yg menginap berserta anak kecil, perlu diperhatikan bahwa hostel umumnya kamar mandi sharing, ranjang bunkbed, tidak adanya dapur untuk masak; ramainya suasana dan ijin dari pemilik penginapan.

    Anyway appreciate untuk pengumpulan informasi ini.
    regards

  3. wahyu
    Apr 12 2012

    Maaf pak fajar, mau tanya kalo mau kirim barang berupa mebel (kursi tamu) dari pekanbaru ke batam (rumahnya dekat hang nadim), paling mudah & murah pakai apa ya pak? Via kapal atau apa? Kira2 berapa y pak tarifnya? Terimakasih sebelumnya.

Leave a Reply