Skip to content

July 31, 2011

Cara Menuju Kota Purwokerto dari Jakarta dengan Kereta Api Purwojaya

Pengalaman ini saya tulis guna menyimpan dan mengingat kembali perjalanan pribadi saya jika sewaktu-waktu diperlukan kembali, sekaligus juga ingin berbagi informasi dengan siapa pun yang membutuhkan tulisan ini.

Cara menujukota Purwokerto dari Jakarta sebenarnya bermacam-macam, mulai dengan naik alat transportasi bus, KA, travel, atau kendaraan pribadi. Namun dalam blog ini saya hanya akan paparkan cara menuju kota Purwokerto dengan jasa angkutan kereta api khususnya KA Purwojaya (data-data angka adalah berdasarkan kondisi terakhir pada tanggal 30 Juli 2011).

  1. Pertama sekali tentu saja Anda harus menuju stasiun KA guna melakukan pemesanan tiket, baik pemesanan langsung maupun tidak langsung. Untuk KA Purwojaya ini, pemesanan tiket dapat dilakukan di Stasiun Gambir sebagai stasiun pemberangkatan pertama.
  2. Jika Anda hendak melakukan perjalanan langsung, usahakan datang di stasiun KA Gambir sebelum pukul 06.00 WIB agar Anda dapat memperoleh antrian awal dan tidak terjebak di antrian akhir.
  3. Sesampainya tiba di Gambir, masuklah melalui Pintu Selatan, jangan Pintu Utara karena Pintu Utara hanya diperuntukkan bagi penjualan tiket tidak langsung.
  4. Carilah loket bertuliskan KA Purwojaya (kalau tidak salah ada di loket 7 dan 8, dicampur dengan jalur KA lainnya). Loket mulai buka sekitar jam 05.00 WIB dimana KA Purwojaya dijadwalkan berangkat pada pukul 06.30 WIB.
  5. Setelah sampai di depan petugas loket, lakukanlah pemesanan KA Purwojaya dimana terdapat 2 (dua) pilihan kelas : Eksekutif dan Bisnis. Harga tiket untuk Kelas Eksekutif KA Purwojaya per tanggal 30 Juli 2011 adalah Rp 215.000,00. Untuk kelas bisnis lebih murah disbanding Kelas Eksekutif.
  6. Setelah mendapatkan tiket, masuklah ke dalam peron dengan membayar karcis peron Rp 2.500,00 lalu naiklah ke lantai 3 (tiga) dan tunggu di jalur 4 (setelah naik tangga atau lift, ikuti tanda jalur 3 & 4. Atau mudahnya, jalur 4 adalah jalur yang berada di sisi paling dekat ke arah view Tugu Monas.
  7. Rangkaian KA Purwojaya akan datang dari arah selatan di jalur 4 (selalu dengarkan announcement atau pengumunan dari announcer agar Anda tidak salah KA atau tertinggal KA). Dan keberangkatan dilakukan pada pukul 06.30 WIB (atau setelah keberangkatan KA Cirebon Express sehingga dapat dipastikan bahwa jika KA Cirebon Express belum berangkat maka Anda masih memiliki waktu yang cukup untuk menunggu KA Purwojaya).
  8. Segera masuki gerbong KA sesuai klasifikasi kelas tiket Anda (biasanya untuk kelas Eksekutif ada di rangkaian gerbong di sebelah utara). Agar tidak bingung, cek nomor gerbong di tiket Anda dengan nomor gerbong yang tertera di sisi dalam pintu masuk/keluar setiap gerbong, baru setelah cocok, cari nomor tempat duduk Anda sesuai tiket yang Anda pesan.
  9. Sebagai catatan, meskipun Anda mengambil kelas Eksekutif, tidak ada fasilitas makanan atau minuman gratis (padahal sudah bayar mahal euy). Untuk itu sebelum berangkat, Anda dapat mengisi perut terlebih dahulu atau membeli nasi goreng yang dijual resmi di dalam KA dengan harga Rp 13.000,00 per porsi.
  10. Waktu perjalanan Jakarta– Purwokerto sekitar 6 (enam) jam atau tiba di stasiun KA Purwokerto sekitar pukul 12.30 WIB.

Demikian sekilas info cara melakukan perjalanan Jakarta–Purwokerto dengan menggunakan KA Purwojaya. Selamat mencoba dan selamat menikmati perjalanan !.

Read more from Travelling

Leave a Reply